Cara Agar Ban Motor Tidak Mudah Bocor : 6 Tips

Pojoksae.com, Cara Agar Ban Motor Tidak Mudah Bocor – Melakukan perawatan pada motor bukan hanya sekedar merawat bagian mesina saja. Perawatan pada motor juga berlaku untuk semua komponen agar motor yang kamu kendarai bisa nyaman saat dipakai. Salah satu komponen yang wajib kamu perhatikan adalah ban. Bayangkan jika motor kamu kempes, maka motor tidak akan bisa dikendarai dengan nyaman.

Belum lagi jika ban motor kamu tidak ada angin sama sekali akibat bocor, tentu motor tidak akan bisa dikendarai. Seandainya bisa dikendarai itu pun akan sangat berbahaya. Jika motor kamu sering mengalami kebocoran pada ban, berikut ini saya punya tips mencegah ban motor agar tidak mudah bocor. Tips – tips berikut selain mudah juga sangat manjur untuk dijadikan cara agar ban motor tidak mudah bocor.

Cara Agar Ban Tidak Mudah (Gampang) Bocor

Cara agar ban motor tidak mudah bocor

Motor merupakan alat yang mampu menunjang segala aktivitas kamu. Jika ban motor kamu mengalami atau bahkan sering bocor maka aktivitas kamu sedikit terhambat. Agar ban yang sering bocor tidak menghambat aktivitas kamu, sebaiknya ikuti langkah – langkah beriut agar ban motor tidak mudah bocor.

1. Pastikan Tekanan Angin Pas (Sesuai Standar)

cara agar ban motor tidak mudah bocor

Cara agar ban motor tidak mudah bocor yang pertama adalah pastikan bahwa tekanan angin motor tidak kurang atau pun lebih. Tekanan ban yang kurang akan membuat barang – barang di jalanan seperti paku akan mudah tertancap di ban motor kamu. Karena ketika tekanan angin yang ada ban kurang, maka seluruh lapisan ban akan menempel di aspal atau di jalanan. Hal inilah yang memudahkan paku menancap di ban motor sehingga ban mudah bocor.

Baca Juga :  Busi Motor Cepat Mati ? Ini Lho 3 Penyebab Utamanya

Untuk itu sebaiknya cek tekanan ban motor setiap dua minggu sekali. Saya sarankan kamu memiliki pompa ban motor sendiri agar lebih mudah dalam melakukan pompa ban. Jadi kamu tidak perlu keluar duit tiap dua minggu sekali untuk memompa ban. Pastikan juga pompa ban yang kamu beli memiliki ukuran tekanan angin. Untuk ban motor disarankan tekanan anginnya di kisaran 28 – 35 psi untuk ban depan sedangkan untuk ban belakang antara 30 – 40 psi. Tergantung dari jenis motor kamu.

2. Ban Dalam dan Ban Luar Pastikan Sesuai Ukuran

Saya beberapa kali menemukan ban dalam dan ban luar yanng tidak sama. Misal ban luar ukuran 250 sedangkan ban laur 275. Hal ini akan menyebabkan dalam yang melipat, artinya bahwa ban dalam tidak bisa mengembang dengan sempurna akibat ukuran ban dalam lebbih besar daripada ban luar. Inilah saah satu penyebab ban motor mudah bocor. Dan cara agar ban motor tidak mudah boocor adalah dengan mengganti ban dalam sesuai standar atau sama dengan ban luar.

3. Umur Ban Sudah Melebihi Batas Pemakaian

Seperti makanan, ban juga bisa kadaluwarsa atau melepati batas pemakaian. Saya sendiri menyarankan pemakaian tidak lebih dari 20.000 km. Dikutip dari Gridoto.com dengan artikel yang berjudul berapa lama usia ban motor? , salah satu pentolan produser ban ternama yaitu FDR mengatakan bahwa usia ban hanya 10.000 km. Jadi ingat – ingat betul kapan kamu terkahir kali mengganti ban ya, agar ban motor kamu tidak mudah bocor.

4. Jangan Parkir Motor Dibawah Terik Matahari

Saya sarankan untuk tidak memarkir motor dibawah terik matahari secara langsung. Tekanan pada ban motor akan meningkat akibat pemuaian udara jika kamu memarkir motor langsung dibawah teriknya matahari. Hal ini akan sangat beresiko bagi “kesehatan” ban motor kamu. Selain ban motor lebih cepat botak, permukaan ban motor juga akan mudah retak dan pecah. Dan jika ini terjadi maka ban motor kamu akan mudah sekali bocor.

5. Agar Ban Awet, Hindari Rem Secara mendadak

Ban yang mudah bocor biasanya dikarenakan ban yang sudah botak. Kebotakkan pada ban selain karena umur ban yang sudah melewati batas pemakaian. Juga dikarenakan kebiasaan poengendara motor yang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi lalu mengerem secara mendadak. Hal ini akan membuat ban luar motor mudah gundul atau botal. Jika lapisan ban luar sudah botak maka ban akan cepat bocor. Lakukan pergantian jika ingin ban motor kamu tidak mudah bocor.

6. Ganti Angin Ban Dengan Nitrogen

Cara mencegah ban agar tidak udah bocor bisa juga dengan mengganti isi angin ban dengan isi nitrogen. Cairan nitrogen itu beda dengan angin biasa, karena nitrogen tidak mudah menguap seperti pada ngin biasa. Hal ini akan menjadi sangat efektif dalam menjaga agara ban motor kamu tidak mudah mengalami kebocoran.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan, semoga artikel kali ini bermanfaat. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke sosial media kamu agar teman – teman kamu tahu cara mencegah ban yang mudah bocor.