6 Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor dan Ciri – Cirinya

Pojoksae.comPenyebab Pengapian kecil pada motor bisa mengakibatkan efek pengapian ada tapi motor susah hidup. Hal ini dikarenakan proses pengapian tidak mampu menimbulkan ledakan secara sempurna di dalam ruang bakar. Karena seperti yang kita tahu, proses pembakaran pada ruang bakar dibantu oleh proses pengapian. Pengapian yang baik tentu akan membuat proses pembakaran juga menjadi sempurna.

Nah, jika motor anda mengalami yang namanya pengapian kecil. Melalui artikel ini saya akan membahas mengenai penyebab pengapian kecil pada motor.

Penyebab Pengapian Kecil Pada Motor

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai penyebab pengapian kecil pada motor. Ketahui dulu bahwa sistem pengapian ditunjang oleh beberapa komponen. Beberapa komponen sistem pengapian antara lain adalah ;

  1. Spul
  2. Pulser
  3. CDI
  4. Koil
  5. Busi
  6. Kabel
Jika salah satu dari komponen sistem pengapian diatas mengalami masalah tentu saja pengapian pada motor secara keseluruhan juga akan bermasalah. Mari kita bahas satu – persatu mengenai permasalahan apa saja yang menyebabkan pengapian pada motor kecil.

1. Spul Terbakar / Putus

Komponen yang satu ini merupakan sumber utama pada sistem pengapian sepeda motor.

Didalam spul terdapat 3 gulungan untuk jenis motor yang menggunakan pengapian AC yakni spul pengapian, spul lampu serta spul pengisian.

Sedangkan pada motor yang menggunakan pengapian DC hanya terdapat dua gulungan pada spul yakni spul pengisian dan spul lampu.

Ketika pengapian motor kecil, kerusakan biasanya terjadi pada bagian gulungan dari spul.

Gulungan pada spul biasanya mengalami konsleting sehingga menimbulkan warna hitam atau terlihat meleleh pada kawat spul yang menandakan bahwa spul terbakar.

Jika ini terjadi, maka penyebab pengapian kecil pada motor anda adalah dikarenakan spul pengapian (pengapian AC) atau spul pengisian (pengapian DC) terbakar atau bisa juga terputus.

2. Pulser Lemah

Pulser merupakan komponen pada sistem pengapian yang berfungsi sebagai pemberi sinyal pada komponen pengapian yang lain yakni CDI.

Pengapian motor akan kecil jika pulser mengalami kerusakan yang menyebabkan pulser tidak mampu memberikan sinyal dengan ke CDI.

3. CDI Rusak

Jika pulser berfungsi untuk memberikan sinyal ke CDI, maka CDI berfungsi untuk memperbesar arus yang akan di kirimkan ke koil pengapian.

Jika CDI rusak, maka api yang dikirimkan ke koil pengapian juga tidak terlalu kuat. Sehingga menjadi salah satu penyebab pengapian kecil pada sepeda motor.

4. Koil Pengapian Tidak Normal

Komponen selanjutnya yang menjadi salah satu penyebab pengapian kecil pada motor adalah koil pengapian.

Koil pengapian merupakan komponen pengapian yang terhubung langsung dengan busi melalui kabel.

Koil pengapian yang tidak normal membuat api yang di kirimkan ke busi tidak akan maksimal sehingga mengakibatkan pengapian kecil.

5. Busi Melewati Batas Pemakaian

Perlu diketahui bahwa busi memiliki jangka waktu pemakaian. Dimana fungsi dari busi tidak lagi maksimal meskipun busi masih mengeluarkan bunga api.

Hal ini dikarenakan pemakaian busi sudah melampaui batas yang sudah ditentukan oleh produsen. Sebaiknya cek dibagian buku manual motor atau pada kemasan busi. Sehingga anda tahu kapan busi perlu diganti.

Ciri Jika Pengapian Motor Kecil / Lemah

Berikut ini merupakan beberapa tanda atau ciri ciri jika pengapian motor kecil atau lemah.

  • Motor susah hidup saat dingin
  • Motor hilang tenaga
  • Motor brebet
  • Motor tidak bisa dihidupkan
Nah, jika anda mengalami kejadian pengapian motor ada tapi motor susah dihidupkan. Anda bisa baca artikel berikut ini Penyebab pengapian ada tapi motor susah hidup.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab pengapian kecil pada sepeda motor. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.